Pages

Labels

Rencana Arab Segera Dibahas DK PBB

KAIRO- Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) menyatakan Washington bekerja sama dengan Liga Arab untuk mengakhiri kekerasan di Suriah.

Menurut AS, Liga Arab dapat membawa masalah Suriah ke Dewan Keamanan Perserikatan- Bangsa (DK PBB). Liga Arab pekan lalu mengajukan proposal baru untuk mendesak Presiden Suriah Bashar al-Assad menyerahkan kekuasaan pada wakilnya dan membentuk pemerintahan bersatu untuk menggelar pemilu parlemen dan pemilu presiden.

“Kami sangat mengapresiasi langkah Liga Arab terhadap Suriah dalam beberapa pekan terakhir. Kami sangat mengharapkan kerja sama dengan mereka dan tentu harapan bahwa kita dapat membawa isu itu ke Dewan Keamanan PBB segera,” tutur Michael Posner, pejabat Hak Asasi Manusia Kementerian Luar Negeri AS, dikutip Reuters.

Prancis dan Inggris bekerja sama dengan Qatar dan negara Arab lainnya untuk menyusun draf resolusi baru yang mendukung rencana Liga Arab. Meski demikian, Suriah telah menolak inisiatif Arab tersebut dan Rusia tetap menentang sanksi dan intervensi militer ke Damaskus. (syarifudin)