Pages

Labels

Suriah Perpanjang Misi Pemantau

BEIRUT – Suriah mungkin mengizinkan pemantau Liga Arab untuk tetap berada di negara itu setelah misi mereka berakhir hari ini.

Para menteri luar negeri (menlu) Liga Arab yang harus mempertimbangkan langkah mereka setelah pekan ini berbeda sikap dalam menghadapi Suriah. Beberapa pihak menyerukan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) terlibat untuk menghentikan kekerasan di Suriah.

“Damaskus akan menerima perpanjangan satu bulan untuk misi pemantau, tapi tidak memperluas mandatnya,” papar sumber dari Liga Arab seperti dikutip Reuters. Pengkritik mengatakan, pemantau Liga Arab hanya memberi Presiden Suriah Bashar al-Assad perlindungan diplomatik dan lebih banyak waktu untuk melumpuhkan oposisi.

Pemimpin Druze Lebanon Walid Jumblatt yang menjaga jarak dari rezim Suriah dalam beberapa bulan terakhir mengatakan bahwa pemantau Liga Arab gagal mencegah pertumpahan darah dan rakyat Suriah menginginkan kebebasan seperti negaranegara Arab lainnya yang melakukan revolusi tahun lalu.

“Saya lebih khawatir dengan kemungkinan bahwa Suriah akan terjerumus dalam kekerasan lebih besar dan mungkin perang sipil,” tegasnya kepada Reuters. (syarifudin)