Pages

Labels

Pesawat Tenaga Surya Sukses Lintasi Selat Gibraltar

RABAT – Pesawat tenaga matahari mencetak sejarah kemarin, saat mendarat di ibu kota Maroko, Rabat, setelah terbang melintasi Selat Gibraltar dari Spanyol. 

Ini merupakan pertama kalinya penerbangan antarbenua dilakukan pesawat bertenaga matahari. Bertrand Piccard, 54, mendaratkan pesawat bernama Solar Impulse pada Selasa (5/6), pukul 11.30 malam waktu setempat, di bawah bulan purnama di Bandara Rabat Sale,Maroko. Pilot yang merupakan psikiater dan penerbang balon udara asal Swiss itu disambut para pejabat Badan Energi Surya Maroko (MASEN). Tenda besar sengaja dipasang dekat bandara oleh penyelenggara acara penerbangan itu agar publik dapat melihat langsung pendaratan bersejarah tersebut.

Pesawat itu akan berada di Rabat selama lima hari sebelum kembali terbang menuju Ouarzazate di selatan Maroko untuk acara peluncuran pembangunan pabrik tenaga surya terbesar oleh Raja Mohammed VI. Saat keluar dari pesawat, pilot tampak letih setelah terbang hampir 19 jam. Meski demikian, sang pilot tersenyum puas karena berhasil menerbangkan pesawat luar biasa itu. Sebuah terminal khusus telah dibuat oleh otoritas bandara Maroko dengan pengamanan polisiyangketat.

Puluhanorang, termasuk penyelenggaraan penerbangan dan pejabat Maroko berkumpul di landasan untuk menyaksikan pendaratan bersejarah tersebut. Piccard lepas landas dengan pesawat Solar Impulse dari Bandara Barajas,Madrid,sebelum fajar pada pukul 5.22 pagi waktu setempat.Pesawat itu memiliki ukuran sebesar Airbus A340 namun dengan bobot yang hampir sama dengan mobil keluarga.

“Selama satu jam, saya menikmati bulan purnama di kanan saya dan saya menyaksikan matahari terbit di kiri saya. Itu benar-benar pengalaman luar biasa. Saya menikmati warna pelangi di langit dan juga di darat,” ungkap Piccard pada AFP dalam wawancara dari kokpit pesawat beberapa saat setelah lepas landas. syarifudin