Pages

Labels

Ban Cemaskan Peluncuran Roket

KUALA LUMPUR – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa- Bangsa (Sekjen PBB) Ban Kimoon sangat mencemaskan rencana peluncuran roket Korea Utara (Korut).Ban berjanji akan mengangkat isu itu dalam konferensi nuklir Seoul pekan depan.

“Saya akan membahas isu itu dengan Presiden Korsel di Seoul dan saya akan membahasnya dengan pemimpin lain yang hadir dalam konferensi nuklir tersebut,” kata Ban saat tiba di Malaysia kemarin, dikutip AFP. Korut mengumumkan akan meluncurkan sebuah roket untuk membawa satelit di orbit bulan depan.Amerika Serikat (AS) dan aliansinya menduga peluncuran roket itu meru-pakan dalih untuk uji coba rudal jarak jauh.

Dewan Keamanan PBB telah mengeluarkan resolusi setelah Korut meluncurkan rudal dan menguji coba nuklir pada 2009. Resolusi itu melawang semua peluncuran rudal balistik untuk tujuan apa pun. “Sebagai Sekjen PBB saya menyatakan kekhawatiran mendalam oleh pengumuman pemerintah DPRK untuk meluncurkan satelit,” kata Ban, menggunakan akronim nama resmi Korut.

Ban menganggap rencana peluncuran itu melanggar resolusi DK PBB. “Ini mengancam perdamaian dan keamanan di semenanjung Korea,”ungkapnya. Menurut Ban, peluncuran roket akan merusak sinyal positif dari upaya panjang komunitas internasional menghentikan program nuklir Korut. Dalam kesepakatan antara AS dan Korut bulan lalu,Washington bersedia mengirimkan bantuan pangan jika Pyongyang membekukan program nuklirnya.

“Peluncuran roket ini merusak lagi atmosfer positif yang ada saat ini antara AS dan DPRK,”tuturnya. Sementara itu,Pemerintah Filipina meminta bantuan AS untuk melacak roket jarak jauh Korut yang salah satu bagiannya diperkirakan jatuh di wilayah Filipina. syarifudin