Pages

Labels

Serangan Beruntun di Irak, 44 Tewas

BAGHDAD – Serangkaian serangan di puluhan kota di Irak menewaskan sedikitnya 44 orang dan melukai lebih dari 200 orang, kemarin. Serangan itu bertepatan dengan peringatan invasi pimpinan Amerika Serikat (AS) di Irak.

“Pengeboman dan serangan bersenjata terjadi di 13 kota di wilayah kaya minyak Kirkuk dan Kota Karbala sejak pukul 7.00 pagi. Ini merupakan kekerasan terburuk di Irak dalam dua bulan terakhir,” kata pejabat Irak, dikutip kantor berita AFP. Di pusat Baghdad, serangan bom mobil terjadi di lokasi parkir dekat kompleks Kementerian Luar Negeri Irak.

Serangan tetap terjadi meski ada pengamanan ketat di ibu kota menjelang konferensi tingkat tinggi Liga Arab pada 27–29 Maret mendatang. Ketua Parlemen Irak Osama al-Nujaifi mengecam serangan brutal tersebut. “Ini merupakan bagian upaya Al Qaeda untuk menggagalkan konferensi tingkat tinggi Liga Arab dan membuat rakyat Irak tetap merasakan dampak kekerasan dan kehancuran,” tegasnya.

Serangan yang terjadi di Kirkuk dan Karbala menewaskan 26 orang. Di Kirkuk yang multietnis itu, bom mobil menargetkan satu gedung polisi, menewaskan 13 orang, dan melukai 50 orang lainnya. Semua korban tewas adalah polisi, termasuk mereka yang terluka. (syarifudin)