Pages

Labels

Peringkat Universitas di Asia Membaik

NEW YORK– Harvard University kembali meraih peringkat pertama dalam daftar 100 Universitas Terbaik di Dunia 2012 menurut majalah The Times Higher Education dan Thomson Reuters.

Meski universitas-universitas di Amerika Serikat (AS) dan Eropa masih mendominasi daftar tersebut, peringkat sejumlahuniversitasdi Asiamengalami peningkatan. Hal itu menunjukkan adanya perbaikan kualitas pendidikan di Asia.”Beberapa universitas ternama di Inggris turun beberapa peringkat dibandingkan tahun lalu,sedangkan sejumlah universitas di China mengalami perbaikan. China meningkatkan sistem pendidikan tingginya lebih cepat daripada sebagian besar negara lain di dunia,” tutur pengamat pendidikan Jessica Shepherd kepada Guardian.

Tren secara umum memang tidak berubah. Ini karena 100 universitas terbaik di dunia dalam daftar tersebut masih didominasi AS,kemudian diikuti Inggris. Dalam daftar tersebut, 60% universitas berada di AS, 16% di Inggris, dan sisanya ada diKanada,China,Jerman,Hong Kong, Jepang, Singapura, serta Swiss. Sayangnya, tidak satu pun universitas di Indonesia masuk dalam daftar tersebut. Phil Baty, editor majalah Times Higher Education yang berbasis di London, menjelaskan, ada kesenjangan yang semakin lebar antara enam universitas terbaik di dunia dengan universitas lain dalam daftar tersebut.

”Tampaknya jika seluruh dunia melihat enam universitas itu sebagai kepala di atas dan lainnya di bawah,itu sangat aneh.Ada sesuatu tentang brandmereka yang sangat kuat di level dunia. Reputasi merupakan konsep yang sangat ekstrem,tapi memiliki kekuatan dalam merarih respek di dunia nyata,”tuturnya. Baty menjelaskan, sejumlah universitas dari China,Taiwan, dan Singapura semakin baik peringkatnya.Ini merupakan indikasi perubahan kekuatan dari Barat ke Timur.

Tsinghua University di China naik lima peringkat ke posisi ke-30, sedangkan Peking University di China naik ke peringkat ke-38 dari 43.University of Hong Kong naik tiga peringkat ke urutan ke-39 dan National University of Singapore naik ke peringkat ke-23 dari 27. National Taiwan University naik dari kelompok 81–90 pada tahun lalu menjadi 61–70.”Kita melihat adanya tren baru bahwa universitas di Asia bangkit. Ada tren penurunan di Barat dan perbaikan di Asia,”kata Baty. ● syarifudin