Pages

Labels

Iran Peringatkan Barat

TEHERAN– Iran kemarin memperingatkan Barat bahwa semua tindakan untuk menghalangi ekspor minyak Teheran akan menaikkan harga minyak mentah hingga dua kali lipat.

Konsekuensi lebih besarnya akan mengacaukan ekonomi global. “Semakin cepat isu itu muncul, harga minyak akan naik di atas USD250 per barel,” tegas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Ramin Mehmanparast seperti dikutip Reuters. Peringatan itu muncul saat Iran menghadapi tekanan internasional setelah demonstran menyerbu Kedutaan Besar Inggris di Teheran.

Amerika Serikat (AS) dan Uni Eropa telah membahas berbagai langkah untuk membatasi ekspor minyak Iran setelah Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengeluarkan laporan bahwa Teheran sedang merancang bom nuklir. Senat AS pekan lalu sudah mendukung legislasi untuk menghukum institusi keuangan asing yang berbisnis dengan bank sentral Iran.

Uni Eropa juga sedang mempertimbangkan larangan impor minyak Iran. Hingga saat ini AS dan Uni Eropa belum menegaskan langkah mereka untuk mengembargo minyak Iran karena khawatir dengan dampaknya terhadap ekonomi global. (syarifudin)