Pages

Labels

Putin Tuding Barat Danai Oposisi

MOSKOW– Perdana Menteri (PM) Rusia Vladimir Putin kemarin menuduh Amerika Serikat (AS) mendorong protes menentang 12 tahun pemerintahannya.

Putin menuding negara-negara asing menggelontorkan ratusan juta dolar untuk memengaruhi hasil pemilu Rusia. Dalam pidato pertamanya setelah pemilu parlemen, Putin menyebut Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Hillary Clinton mendukung lawan-lawan Kremlin dengan mengkritik hasil pemilu.

“Dia (Hillary) memberi nada untuk beberapa aktivis oposisi, memberi mereka (oposisi) sinyal, mereka mendengar sinyal ini dan mulai aktif bekerja,” ujar Putin, dikutip Reuters. Dengan mengambil contoh Revolusi Oranye di Ukraina pada 2004 dan penggulingan pemerintahan di Kyrgyzstan, Putin menuduh Barat memberikan dana yang besar untuk perubahan politik di Rusia.

“Mengucurkan uang asing dalam proses pemilu itu sesuatu yang tidak dapat diterima. Ratusan juta diinvestasikan untuk pekerjaan ini. Kami perlu melindungi kedaulatan kami, melawan intervensi dari pihak asing,” ucap Putin. “Kita harus memikirkan cara meningkatkan akuntabilitas untuk mereka yang membawa tujuan negara asing untuk memengaruhi proses politik domestik.” (syarifudin)