Pages

Labels

China Pasok Teknologi Peluncur Rudal


SEOUL – Pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyelidiki tuduhan bahwa China menyuplai teknologi untuk peluncuran rudal Korea Utara (Korut) yang melanggar sanksi PBB.

Tuduhan itu diungkap dalam jurnal pertahanan Defence Weekly, IHS Jane, mengutip pejabat senior yang dekat dengan komite sanksi Dewan Keamanan PBB. Tim pakar menyadari situasi itu dan akan melakukan penyelidikan. Komite itu bertugas mengawasi pelanggaran sanksi terhadap program rudal dan nuklir Korut. Komite ini mendapat masukan dari panel pakar.

Peluncur 16 roda yang membawa rudal jarak menengah yang baru, ditampilkan dalam parade militer di Pyongyang Minggu (15/4). Parade militer itu digelar untuk memperingati satu abad kelahiran Pendiri Korut Kim Il-sung. Laporan IHS Jane menyatakan, China tampaknya menyuplai desain atau kendaraan peluncur rudal (TEL) ke Korut.

TEL ini menurut IHS Jane berdasarkan desain dari Akademi Sains Antariksa China dan Korporasi Industri ke-9. Saat ini penyelidikan berupaya mengetahui kapan China mengirimkan kendaraan atau desain kendaraan itu ke Korut. China dapat dianggap melanggar sanksi PBB yang diberlakukan setelah tes rudal jarak jauh Korut pada 2006 dan 2009. (syarifudin)