Pages

Labels

Obama-Messi Masuk 100 Tokoh Berpengaruh

WASHINGTON – Majalah TIME kembali merilis daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia kemarin. Presiden AS Barack Obama berada di urutan puncak untuk kategori Leader. Pebasket fenomenal Jeremy Lin berada di urutan teratas kategori Breakout. Sedangkan kategori Pioneer teratas disematkan kepada Samira Ibrahim. Untuk kategori Mogul, muncul nama Chelsea Handler. 

Kategori Icon teratas disabet oleh Stephen Colbert. Selain itu,muncul nama tokoh lain yang dinobatkan memiliki pengaruh luar biasa. Di antaranya penyanyi Rihanna, peraih enam Grammy Awards 2012 Adele,pemimpin spiritual Iran Ayatullah Ali Khamenei. Selain itu, Kanselir Jerman Angela Merkel,Warren Buffett, petenis Novak Djokovic, pesepak bola Lionel Messi, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde, dan Menlu AS Hillary Clinton. 

TIME juga memasukkan sejumlah tokoh berpengaruh untuk kategori “Rogue”.Mereka adalah Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un,Pemimpin Taliban Afghanistan Mullah Mohammed Omar,dan Pemimpin Pemberontak Somalia SheikMoktar Ali Zubeyr, serta Presiden Suriah Bashar al-Assad. “TIME 100 bukan daftar orang paling berkuasa di dunia. Ini bukan daftar orang tercerdas di dunia. 

Ini daftar orang paling berpengaruh di dunia. Mereka peneliti, pemikir, filsuf, pemimpin, ikon, seniman, dan visioner.Orang yang menggunakan ide-ide mereka, visi mereka, aksi mereka untuk mengubah dunia dan memiliki dampak besar bagi manusia,” tutur Managing Editor TIME Richard Stengel. Tentu ada sejumlah pertimbangan TIME memasukkan nama-nama tersebut sebagai tokoh yang paling berpengaruh. 

Jeremy Lin, misalnya, masuk dalam daftar itu karena dianggap memiliki kisah hidup yang sangat luar biasa bagi anakanak di dunia. Pengaruh yang mampu diciptakan Jeremy, 23, tidak tercipta dalam semalam. Barack Obama masuk dalam daftar TIME karena dianggap masih merupakan orang paling berpengaruh di dunia. 

Masuknya Rihanna,24,dalam daftar TIME itu menegaskan pengaruhnya di dunia hiburan. Adapun Adele dianggap sangat fenomenal oleh TIME. “Nyalakan stasiun radio mana pun di dunia dan Anda akan mendengar Adele,”papar Pink,penyanyi dan penulis lagu pemenang Grammy Awards pada TIME. ● syarifudin