Pages

Labels

DK PBB Sepakati Pengerahan 300 Pemantau

BEIRUT – Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) sepakat mengadopsi resolusi untuk mengirimkan 300 pemantau militer tak bersenjata ke Suriah selama tiga bulan. Resolusi itu disusun oleh Rusia dan Eropa. 


Voting dilakukan beberapa jam setelah pemantau PBB mengunjungi Kota Homs, Suriah, Sabtu (21/4). Resolusi menyatakan pengerahan misi pemantau PBB yang disebut UNSMIS bergantung pada penilaian Sekretaris Jenderal PBB Ban Kimoon, mengenai kesesuaiannya dengan enam poin kesepakatan damai yang dimediasi Utusan Liga Arab dan PBB Kofi Annan. Ban akan melaporkan pada DK PBB setiap 15 hari.

Resolusi juga menyatakan bahwa penghentian kekerasan oleh pemerintah dan oposisi Suriah jelas tidak sempurna. Resolusi itu memperingatkan bahwa DK PBB dapat mempertimbangkan langkah-langkah selanjutnya jika kesepakatan damai tidak dipatuhi. Resolusi juga mendesak Suriah untuk segera membuat kesepakatan dengan PBB mengenai penggunaan aset transportasi udara yang layak oleh pemantau PBB.

Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis menegaskan mereka ingin langkah- langkah selanjutnya diambil oleh DK PBB berupa sanksi-sanksi terhadap Suriah. Hingga saat ini, Barat tidak tertarik untuk menerapkan intervensi militer asing seperti di Libya, untuk menggulingkan pemerintahan Suriah. syarifudin