Pages

Labels

Petugas Kontrol Udara AS Menonton Film

WASHINGTON- Seorang petugas kontrol lalu lintas udara di Ohio tertangkap basah tidak melakukan pekerjaannya. Dia memang tidak tidur di depan radar, tapi sedang menonton film.

Kejadian itu berlangsung pada Minggu pagi (17/4). Selama lebih dari tiga menit, audio dari film thriller yang dibintangi Samuel L. Jackson berjudul "Cleaner" disiarkan melalui frekuensi radio oleh seorang petugas kontrol lalu lintas udara di Cleveland Air Route Traffic Control Center, Oberlin, Ohio.

“Masalah yang berasal dari kontrol lalu lintas udara itu menjadi perhatian pilot sebuah pesawat militer yang menggunakan frekuensi alternatif,” papar pernyataan Pengelola Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA).

Pejabat FAA menjelaskan, petugas kontrol itu menonton film di sebuah peralatan elektronik portabel saat sedang bekerja.

Menteri Transportasi AS Ray LaHood menyatakan, pengawas petugas kontrol itu mengetahui bahwa karyawannya sedang menonton film dan dia tidak menghentikannya. “Ini konyol, memalukan dan tidak dapat ditoleransi,” tegas LaHood.

Petugas kontrol dan manajer garis depan telah dinonaktifkan dari tugas operasional untuk menjalani investigasi. Kebijakan FAA melarang penggunaan pemutar DVD portabel dan peralatan lain untuk digunakan di semua ruang radar.

Insiden terbaru ini terungkap saat kepala FAA dan pemimpin serikat pekerja kontrol udara memulai tur keliling negara bagian untuk mengkampanyekan semangat profesionalisme. Untuk sementara waktu, kejadian ini menjadi perhatian publik tentang perilaku para petugas kontrol lalu lintas udara.

Selain insiden tersebut, terjadi pula beberapa kasus serupa di Washington; Knoxville, Tennessee; Reno, Nevada; Seattle; Lubbock, Texas; and Miami dalam dua bulan terakhir. Saat ini otoritas sedang meningkatkan penegakan aturan secara ketat dan melakukan tindakan pencegahan agar kejadian serupa tidak kembali terulang.

Nasib sejumlah petugas menara kontrol lalu lintas udara yang tertangkap basah tidak melaksanakan tugasnya, akan diumumkan setelah proses investigasi berakhir. Mereka dapat dinonaktifkan atau bahkan diberhentikan dari pekerjaannya jika pelanggaran yang mereka lakukan sangat berat.

Salah seorang penumpang pesawat di Reagan National Airport, Washington, mengatakan, “Mereka berada di sana untuk mengontrol lalu lintas udara dan menjaga kita semua tidak saling tabrakan, dan ini bagi saya terdengar bahwa mereka justru santai dan menikmati rekreasi di ruang radar,” tuturnya pada CNN.

Pusat kontrol lalu lintas udara di Cleveland itu merupakan yang tersibuk dari total 22 pusat kontrol lau lintas udara di AS. Tapi pusat kontrol lalu lintas udara di Cleveland berada di peringkat keenam berdasarkan statistik terbaru yang dikeluarkan FAA sejak 2010. Fasilitas ini juga menjadi salah satu yang tersibuk di dunia.

Pusat kontrol di Cleveland itu merupakan salah satu yang mengawasi banyak penerbangan asing yang menuju Maryland, Michigan, New York, Ohio, Pennsylvania, West Virginia, serta Ontario, Kanada. (syarifudin)