Pages

Labels

Karzai Minta Bantuan Negara Tetangga

ISTANBUL – Presiden Afghanistan Hamid Karzai kemarin memperingatkan bahwa tidak akan ada harapan bagi perdamaian di negaranya tanpa bantuan dari negara- negara tetangga un-tuk memerangi kelompok teror.

“Jaringan teroris menjadi ancaman utama keamanan Afghanistan,” ujar Karzai dalam pembukaan konferensi global untuk memetakan masa depan negaranya di Istanbul seperti dikutip AFP. “Mereka terus memiliki tempat perlindungan di luar perbatasan kami, dari sanalah mereka melakukan kampanye penghancuran.

Jika tidak ada kerja sama regional untuk mengatasi inti dan akar masalah ini, perdamaian di Afghanistan akan tetap sulit.” Perwakilan dari 20 negara bergabung dengan anggota badan bantuan dalam pertemuan di Istanbul. Pertemuan itu digelar 10 tahun setelah Taliban digulingkan dari kekuasaannya di Afghanistan oleh pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS).

Namun kelompok militan masih memiliki kekuatan mematikan di Afghanistan. Mereka terus menyerang pasukan NATO, AS, dan Afghanistan. Kabul, seperti Washington, memprotes Islamabad karena dianggap tidak cukup bertindak untuk melumpuhkan jaringan Taliban dan Al-Qaeda yang bersembunyi di daerah sukusuku Pakistan di perbatasan Afghanistan. (syarifudin)