Pages

Labels

Polisi Duduki Kawasan Kumuh di Rio de Janeiro

ROCINHA - Ratusan polisi elit Brasil didukung kendaraan militer dan helikopter dikerahkan ke kawasan kumuh terbesar di Rio de Janeiro, sebelum fajar kemarin.

Ini merupakan operasi paling besar untuk mengamankan kota tepi laut yang terkenal dengan kekerasan yang sering terjadi. Menguasai Rocinha, lokasi bukit Favela yang dari sana seseorang dapat melihat pemandangan Rio, dianggap para pejabat sebagai langkah penting persiapan kota itu menjadi tuan rumah World Cup 2014 dan Olimpiade dua tahun berikutnya.

Pasukan keamanan telah menduduki 18 kawasan kumuh dalam tiga tahun ini, tapi tidak satu pun daerah itu yang memiliki nilai strategis seperti Rocinha. Rocinha terletak di titik persimpangan lalu lintas antara kota utama dan kawasan barat yang menjadi lokasi sebagian besar acara Olimpiade.

Tentara dan polisi tidak mendapat perlawanan dan geng-geng narkoba yang menguasai daerah strategis itu saat menduduki Rocinha dan Vidigal. Pendudukan ini menjadi sorotan media karena otoritas sudah mengumumkan rencana itu beberapa hari sebelumnya, memberi waktu bagi para anggota geng untuk melarikan diri.

Beberapa jam sebelum operasi itu, tidak satu pun bunyi tembakan terdengar di Rocinha. Polisi khusus bergerak saat helikopter Huey terbang di udara. Warga tampak melihat operasi itu dari jendela-jendela rumah. (syarifudin)